Pemrograman DATABASE
DELER MOTOR S.A.E.
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “ Pemrograman DataBase “
Disusun oleh :
Sholikhul Ahmad (10100062)
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI
CAHAYA SURYA
KEDIRI
PENGHARGAAN
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala berkat dan Rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Uas ini dengan baik dam dalam waktu yang telah ditetapkan.
Ucapan terima kasih penulis samapikan KepadaIbu Ira Luvi S.Kom selaku pembibing yang yang telah meluangkan waktunya. Ucapan terima kasih juga kepada Asdos juga teman-teman kuliah yang telah memberi semangat dan do’a, teman-temanku didunia maya, teman SMA yang tak pernah terlupaka hingga saat ini, serta seluruh mahasiswa STT STBA STMIK POLITEKNIK Cahaya Surya Kediri. Akhirnya, tidak terlupakan kepada kedua orang tua tercinta yang telah memberikan dorongan, nasehat, kasih sayang, do’a, dukungan meterial dan spiritual.tek lupa juga semua ahli keluarga yang selama ini memberi bantuan dan dorogan yang diperlukan. Semoga amal baik mereka mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT , amien.
ABSTRAK
Tugas akhir ini Bertujuan membangun sebuah sistem informasi yang berbasis web. Sistem perancangan dalam pembuatan website Sistem Informasi Perpustakaan Cahaya Surya Kediri dilengkapi dengan beberapa software yakni Macromedia Dreamweaver 8, XAMPP yang merupakan gabungan dari Apache web Server, PHP dan MySQL. Dengan menggunakan Macromedia Media Dreamweaver 8 maka pengerjaan webite akan lebih mudah dan cepat. Adapun tabel-tabel yang dipakai dalam pembuatan sistem informasi Perpustakaan Cahaya Surya Kediri. Tabel User. Tabel Admin. Semua tabel ini nantinya digunakan untuk menampung data-data yang diperlukan dalam pembangunan website Sistem Informasi Perpustakaan Cahaya Suya Kediri.
Dengan adnya aplikasi pencarian Buku-buku perpustakaan ini mahasiswa S1 Teknik Informatika dapat lebih mudah mencari refrensi-refrensi tugas kuliah. Sebelum aplikasi ini, mahasiswa bingung dalam pencarien mencari refrensi-refrensi tugas kuliah yang ada diperpustakaan penjaga perpustakaan pun juga masih merasa kebingungan untuk menghafal buku-buku perpustakaan. Dengan adanya aplikasi ini para mahasiswa tidak lagi bderepotkan dengan pencarian. Dan petugas perpustakaan melihat dan mencari buku yang diinginkan mahasiswa S1 Teknik Informatika Cahaya Surya Kediri.
Daftar Isi
Halaman Judul
Pengargaan
Abstrak
Daftar isi
Kata Pengantar
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Balakang
1.2 Identitas masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Alasan Pemilihan judul
1.5 Maksud dan Tujuan
1.6 Jenis Kegiatan
1.7 Metode Penelitian
1.8 Sistematika Penulisan
Bab 2 Landasan Teori
2.1 Pengenalan Aplilikasi Program Foxpro
2.1.1 TEORI
2.1.2 Jenis Data dan File pada Foxpro
2.1.3 Perintah-perintah pada Foxpro
Bab 3 Analisis Dan Perancangan Sistem
3.2.1 Perancangan Keluaran (Output)
3.2.2 Perancangan Masukan (Input)
3.2.3 Perancangan Database
3.2.4 Perancangan Flowchart (Diagram Air)
Bab 4 Desain System
4.1 rancangan tabel (fil wid type)
4.1.1 File Karyawan
4.1.2 File Motor
4.1.3 File Pembeli
4.1.4 File Mtrans
4.1.5 File Dtrans
4.2 rancangan desain input
4.2.1 File Karyawan
4.2.2 File Motor
4.2.3 File Pembeli
4.3 desain proses
4.3.1 File Transaks
4.4 desain uotput lap
4.4.1 File Karyawan
4.4.2 File Motor
4.4.3 File Pembeli
4.4.4 File Transaks
Bab 5 Implementasi Sistem
5.1 Pengertian Implementasi Sistem
5.2 Tujuan Implementasi Sistem
Bab 6 Kesimpulan dan Saran
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan majunya teknologi yang menuntut kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data serta informasi yang cepat dan akurat, maka penggunaan komputer akan membantu meningkatkan pelaksanaan kegiatan pekerjaan, terutama dalam pengolahan data yang akan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat, tanpa menyita banyak waktu, tenaga dan biaya.
Di dunia usaha dan dunia kerja, mempunyai sebuah informasi yang tepat dan akurat merupakan bagian yang sangat penting untuk membantu pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan serta menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan pengembangan serta usahanya supaya mengalami kemajuan dan mendapatkan keuntungan. Suatu informasi juga mendukung suatu kegiatan operasional dan menejerial organisasi. Semua itu diperlukan suatu sistem basis data yang lengkap yang dapat ditampilkan secara tepat dan mudah setiap kali diperlukannya sistem basis data yang merupakan bagian dari teknologi informasi yang menangani seluruh aktifitas data yang meliputi proses pencarian, penyimpanan, penyajian, manipulasi dan keserasian data dengan dukungan perangkat komputer, media penyimpan serta media telekomunikasi.
Pada DELER MOTOR S.A.E yang bergerak dalam usaha penjualan motor second, memiliki permasalahan tersendiri dalam pengolahan datanya, yaitu masih menggunakan sistem manual dengan cara mencatatnya di dalam buku besar. Dengan timbulnya masalah tersebut, maka saya merancang suatu program penjualan secara komputerisasi. Dengan adanya komputerisasi tentu saja dalam pengolahan datanya akan lebih efektif, memperkecil kesalahan, dan data yang dihasilkan selalu baru.
Dengan semakin kompleksnya masalah yang dihadapi tersebut, suatu perusahaan membutuhkan teknologi informasi yang dapat membantu jalannya operasi perusahaan, yang bertujuan untuk menjamin sumber data, kuantitas dan waktu yang tepat. Sesuai dengan uraian di atas, saya merasa tertarik untuk membahas lebih mendalam mengenai transaksi penjualan di toko dalam pembuatan tugas akhir dengan judul “PENJUALAN MOTOR SECOND DELER MUTOR S.A.E DENGAN MENGGUNAKAN FOXPRO FOR WIN 2.6”
1.2. Identifikasi Masalah
Dalam inforamsi Perpustakaan Cahaya Surya mengalami beberapa masalah, diantaranya :Banyaknya judul buku yang sama, kesuliatan mencari daftar pustaka untuk tugas-tugas kuliah. Oleh karena itu, penulis mencoba merancang sebuah sistem informasi Perpustakaan Cahaya Surya Kediri berbasis web untuk memberi informasi yang komputerisasi dan dapt mempercepat pekerjaan dalam pencariannya.
1.3. Batasan Masalah
Siste informasi tugas akhir ini memiliki cakupan yang luas. Untuk itu penulis melakukan pembatasan masalah hanya pada pencarian buku-buku perpustakaan Cahaya Surya Kediri, Mengetahui penerbit buku
1.4 Alasan Pemilihan Judul
Saya memilih judul tersebut karena beberapa alasan, antara lain :
a. Kompetensi Pembuatan Data Base merupakan salah satu kompetensi yang dipelajari di Program Keahlian Sekolah Tinggi Teknik Informatika CAHAYA SURYA.
b. Program Data Base Penjualan dan Pembelian Barang dalam pengolahan datanya akan lebih efektif, memperkecil kesalahan, dan data yang dihasilkan selalu baru.
1.5Maksud Dan Tujuan
Adapun maksud dari penulis disini adalah sebagai berikut:
1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan saya khususnya dalam merancang program yang akan dibuat.
2. Sebagai penerapan ilmu yang saya dapatkan ketika mengikuti perkuliahan di Sekolah Tinggi Teknik Informatika CAHAYA SURYA.
Sedangkan tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti UAS pada program Keahlian Pemrograman Data Base S1 Jurusan Sekolah Tinggi Teknik Informatika CAHAYA SURYA.
1.6 Jenis Kegiatan
a. Proyek, menghasilkan suatu produk data base Pembelian dan penjualan.
b. Perseorangan, dikerjakan sendiri dengan bimbingan guru Teknik Informatika Ibu Ira Luvi Indah Astutik, S.kom
1.7Metode Penelitian
Metode penelitian adalah cara atau teknik yang sistematik untuk mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu. Adapun metodologi penelitian yang digunakan penulisan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi diatas adalah :
1. Studi Lapangan
Merupakan metode yang dilakukan oleh penulis secara langsung ke lapangan yang merupakan sumber data yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan yang digunaka.
2. Wawancara
Pengumpulan data dengan wawancara ini digunakan untuk menyakinkan bahwa data yang diperoleh benar-benar akurat.
3. Studi Literatur
Merupakan metode yang dilakukan oleh penulis dengan mengunjungi dan mempelajari Pemrograman Data base yang berhubungan dengan penelitian ini.
1.8 Sistematiak Penulisan
Secara garis besar tugas UAS ini terdiri dari 5 bab dan beberapa lampiran. Adapun setiap bab dan sub-sub bab yang terdiri dari :
BAB 1 : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas latar belakang tugas UAS, identifikasi masalah, batasan masalah, Alasan Pemilihan Judul, Maksud Dan Tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB 2 : LANDASAN TEORI
Pada Bab ini penulis mengutaikan sekilas tentang konsep dasar TEORI ,Jenis Data dan File pada Foxpr, Perintah-perintah pada Foxpro
BAB 3 : ANALISIS DAN PERANCANGANSISTEM
Bab ini berisi ruang peranvcangan Data Base.
Flowchart Data Base.
BAB 4 : IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini berisi Uraian pengertian implementasi sistem, kompono dalam implementasi sistem dan instalasi XAMPP
BAB 5 : PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran tugas UAS.
BAB 2
Aplikasi Program Foxpro
2.1.1 TEORI
Foxpro singkatan dari foxbase profesional. Paket program Foxpro memang dikhususkan untuk mengolah database terutama database relasional.
Database merupakan kumpulan record dan record merupakan kumpulan dari field. Field kumpulan item (karakter) yang membentuk suatu arti.
Contoh : identitas pegawai terdiri dari Nip, Nama, Alamat, kota yang merupakan 1 record . Sedangkan satu record terdiri dari field nip, nama, alamat, kota.
3 Record
Nip | nama | Alamat | Kota |
| | | |
| | | |
| | | |
2.1.2 Jenis Data dan File pada Foxpro
Jenis / type data yang sering digunakan pada foxpro :
1. Character (Karakter) : A....Z, a....z, 0...9 !?*%$& dsb.
2. Numeric (bilangan) : 0-9
3. Float (bilangan scientific positif , negatif) : 0.01+E
4. Date (tanggal) : 27/04/2001
5. Logika (logika) : T. (True), .F. (false)
6. Memo (catatan) : berupa tulisan
Jenis file dan ekstensi yang dihasilkan pada foxpro :
1. File Database DBF
2. File Program PRG
3. File Index IDX
4. File Memo FPT
5. File Text TXT
2.1.3 Perintah-perintah pada Foxpro
1. Set defa to <drive>
Mengaktifkan direktori sebagai lokasi kerja yang berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan semua file yang telah dibuat.
2. Create <nm_file datbase>
Membuat suatu file database baru
Contoh :
Create pegawai
Membuat sebuah database yang berisi data pegawai dengan nama file pegawai.dbf
3. Use <nm_file database>
Mengaktifkan file database yang sudah dibuat diman file tersebut sebelumnya telah tertutup.
Contoh :
Use pegawai
Mengaktifkan sebuah file database yang bernama file pegawai.dbf
4. Close All
Menutup semua file database yang sedang aktif saat ini
5. Clear / Clear all
Membersihkan layar dari file-file yang terbuka
6. Append
Untuk menambah record baru pada file database yang sedang aktif. Record baru ini diletakkan pada posisi terakhi dari file database tersebut.
7. Go/Goto
Meletakkan pointer record pada posisi tertentu dalam file database.
Contoh :
Go Top Menuju record yang pertama
Go Bottom Menuju record yang terakhir
Goto 2 Menuju record yang kedua
8. Insert
Menyisipkan satu atau lebih record baru. Record baru ini diletakkan pada posisi pointer record saat itu.
9. Edit
Mengoreksi record file database
10. Browse
Menampilkan isi file database dalam bentuk tabel dan isi record dapat diedit (diubah).
11. Delete
Menandai suatu record sebagai record yang terhapus pada posisi pointer record saat itu atau dengan kriteria tertentu.
Contoh : Goto 2
Delete Menghapus record kedua
Delete for nama =’adi’ Menghapus record dimana nama=’adi’
Delete All Menghapus seluruh record
12. Pack
Menghapus record yang telah ditandai oleh perintah delete
13. Recall all
Membatalkan perintah delete
14. Zap
Menghapus semua data pada file database secara permanen (tidak dapat dipanggil dengan perintah recall all).
15. List
Melihat isi record file database yang sedang aktif dilayar Foxpro, semua record atau record dengan kriteria tertentu.
Contoh :
Use table 1
List atau List for nama=”Adi”
16. Modify structure
Mengubah atau mengkoreksi struktur dari suatu file database.
Contoh :
Use table 1
Modify structure
17. Recno( )
Untuk mengetahui posisi pointer saat itu.
Contoh :
Use table1
Goto 4 :letakkan kursor pada posisi ke 4
? Record : cetak posisi record saat itu ke layar
18. Reccount
Untuk mengetahui jumlah record pada file database yang aktif.
Contoh :
Use table
?Reccount( ) : cetak jumlah record saat itu.
19. BOF( )
Untuk menguji apakah posisi pointer record saat itu berada pada record pertama (Begin of file). Akan menghasil nilai logika true jika benar dan False untuk sebaliknya.
20. EOF()
Untuk menguji apakah posisi pointer record saat itu berada pada record terakhir(End Of file). Akan menghasilkan nilai logika True jika benar dan False untuk sebaliknya.
21. Date()
Untuk mengambil tanggal dari sistem komputer.
Contoh :
?Date()
22. Set Date <nm_negara>
Untuk mengformat bentuk tangga sesuai keinginan.
Beberapa nama negara yang disediakan Foxpro adalah:
American mm/dd/yy
British/French dd/mm/yy
German dd.mm.yy
Italian dd-mm-yy
Japan yy/mm/dd
Contoh :
Set Date Britsh
?Date()
23. Set Century On/Off
Untuk memformat digit tahun pada tanggal. Jika diset On maka tahunmenjadi 4 digit dan jika diset OFF maka digit tahun ada 2 dkigit.
Contoh :
Set Century On
?Date()
Set Century Off
?Date()
24. Month ()
Untuk mengetahui bulan dari tanggal sistem saat itu.
Contoh :
?Month(Date())
25. Cmonth()
Untuk mengetahui nama bulan dari tanggal dari tanggal sistem (dalam bahasa inggris).
Contoh
?Cmonth(date())
26. Year()
Untuk mengetahui tahun dari tanggal saat itu.
Contoh :
? Year (Date())
27. CDOW()=Charakter Date Of Week
Untuk mengetahui nama hai dari tanggal (dalam bahasa inggris)
Contoh :
Tanggal= Date()
?CDOW(Tanggal)
28. DOW () + Date Of Week
Untuk mengetahui urutan nama hari dalam satu minggu. Urutannya yaitu:
1. Sunday (minggu)
2. Monday (senin)
3. Tuesday (selasa)
4. Thirsday (rabu)
5. Wednesday(kamis)
6. Friday(jum’at)
7. Saturday(sabtu)
Contoh :
?DOW(sunday) : menghasilkan 1
29. CTOD() = Character To Date
Unruk mengubah suatu nilai character ke dalam bentuk/format tanggal.
Contoh
Tgl = ‘06/07/2011’
?CTOD(Tgl)
30. LEN()
Untuk mengetahui panjang karakter (digit) dari suatu nilai yang bertype Character
Contoh :
Nama = ‘Astone Stephie’
?Len(Nama)
31. STR()
Untuk mengubah suatu data yang bertype numeric kedalam bentuk chareacter.
Contoh :
C_Angka=’2000’
?Val(C_Angka;+1000)
32. VAL()
Untuk mengubah suatu data yang bertype character kedalam bentuk numeric
Contoh:
C_Angka=’2000’
?Val(C_Angka)+1000
33. LEFT()
Untuk mengambil beberapa karakter dari sebuah nilai yang bertype character yang di mulai dari sebelah kiri
Contoh:
Nama=’Setiawan’
?Left(Nama,4) >>’Set’
34. RIGHT()
Untuk mengambil beberapa character dari sebuah nilai yang bertype character yang di mulai dari sebelah kanan
Contoh:
Nama=’ yulianyah’
?Right(Nama,4) >>’nyah’
35. SUBSTR()
Untuk mengambil beberapa karakter dari suatu nilai yang bertype character yang dimulai dari huruf ke-n sebanyak x karakter.
Contoh :
Nama=’yulianyah’
?Substr (nama) >>’lia’
36. UPPER()
Untuk merubah semua nilai yang bertype character ke dalam bentuk huruf kapital.
Contoh :
Nama=’yulianyah’
?Upper (nama) >>’YULIANYAH’
37. LOWER()
Untuk merubah semua nilai yang bertype character ke dalam bentuk huruf kecil.
Contoh :
Nama=’YULIANYAH’
?Lower(nama) >>’yulianyah’
38. LTRIM()
Untuk menghilangkan semua spasi kosong yang terdapat di sebelah kiri dari suatu nilai yang bertype character.
Contoh :
Nama=’ Yulianyah’
?Ltrim(nama) >>’yulianyah’
39. RTRIM()
Untuk menghilangkan semua spasi kosong yang terdapat di sebelah kanan dari suatu nilai yang bertype character.
Contoh :
Nama=’ Yulianyah ’
?Rtrim(nama) >>’yulianyah’
40. ALLTRIM()
Untuk menghilangkan semua spasi kosong yang terdapat di sebelah kiri dan di sebelah kanan dari suatu nilai yang bertype character.
Contoh :
Nama=’ Yulianyah ’
?Alltrim(nama) >>’yulianyah’
1.4 Instruksi-instruksi Pengendali Program Yang Ada Dalam Foxpro
1. Pengendali Pilihan
a. IF…..ENDIF
Digunakan sebagai instruksi pengambilan keputusan yang didasarkan atas syarat yang dicantumkan. Hasil dari seleksi ini akan menghasilkan nilai true atau false.
Contoh :
Use Karyawan
M.Kode=’000134’
Sek M.kode
If Found()
Wait Wind “ Data ketemu … Tekan sembarang tombol … “
Else
If ! Found()
Wait Wind “ Data tidak ketemu … Tekan sembarang tombol … “
Endif
b. IF … ELSE … ENDIF
Perintah ELSE dalam digunakan untuk menguji apakah syrat yang dicantumkan pada instruksi IF … ENDIF tidak terpenui (bernilai false).
Contoh :
Use karyawan
M.Kode=’000134’
Sek M.kode
If Found()
Wait Wind “ Data ketemu … Tekan sembarang tombol … “
Else
If ! Found()
Wait Wind “ Data tidak ketemu … Tekan sembarang tombol … “
Endif
c. DO CASE … ENDCASE
Digunakan untuk menyelesaikan data secara bertingkat, karena pada instruksi ini terdapat beberpa seleksi (syarat) didalamnya.
Contoh :
Chari=DOW(Date())
Nhari=’ ‘
Do case
Case Chari = 1
Nhari = ‘Minggu’
Case Chari = 2
Nhari = ‘Senin’
Case Chari = 3
Nhari = ‘Selasa’
Case Chari = 4
Nhari = ‘Rabu’
Case Chari = 1
Nhari = ‘Kamis’
Case Chari = 1
Nhari = ‘Jum’at’
Case Chari = 1
Nhari = ‘Sabtu’
Endcase
?’Sekarang adalah hari :+Nhari
d. DO CASE … OTHERWISE … ENDCASE
Kegunaan otherwise hamper sama dengan perintah else yang ada dalam instruksi If … Endif, yaitu untuk menguji apakah semua syarat yang dicantumkan tidak terpenuhi.
Contoh :
Nilai=90
Ket=’ ‘
Do case
Case Nilai >=90
Ket = ‘Sangat Memuaskan’
Case Nilai >=80
Ket = ‘ Memuaskan’
Case Nilai >=70
Ket = ‘Sangat Baik’
Case Nilai >=60
Ket = ‘Baik’
Case Nilai >=50
Ket = ‘ Cukup’
Otherwise
Ket =’Kurang’
Endcase
Wait wind “Nilai =’+str(nilai)+’Dengan Predikat =’+Ket
2. Pengendali perulang
a. DO WHILE … ENDDO
Instruksi perulang ini disebut sebagai perulang logika, karena instruksi ini akan menjalankan sekumpulan instruksi yang ada dalamnya secara berualang-ulang selama syarat logika yang dicantumkan bernilai true dan akan berhenti jika syaratnya bernilai false.
Contoh :
I=0
Use Karyawan
Go Top
Do while !EOF()
Skip 1
I=I+1
?’Nama Karyawan pada Record Ke ‘+str(I)+’=’+Nama
Enddo
b. FOR … ENDFOR
Instruksi perulang ini disebut sebagai perulang numeric, karena instruksi ini akan menjalankan sekumpulan instruksi yang ada dalamnya secara berualang-ulang selama syarat logika yang dicantumkan bernilai true danakan berh
Contoh :
I=0
For I = 1 Top 10
?’Nilai I = ‘+Str(I)
Endfor
atau
I = 0
For I = 1 top 10 step 2
?’Nilai I = ‘+Str(I)
Endfor
BAB 3
3.1 Perancangan Sistem
Perancangan sistem adalah merupakan upaya upaya perusahaan untuk memulai memiliki sistm baik yang lama maupun untuk memiliki sistem yang baru. Perancangan sistem dilakukan setelah mendapat gambaran daengan jelas apa yang hars dikerjan.
Agar lebih mdah untuk memahaminya, maka penulis membuat perancangan sistem perpustakaan ini. Metode perancangan sistem yang penulis lakukan didalam penyusunan Perpustakaan ini terdiri dari Perancangan Data Flow Diagram (DFD).
Perancangan Normalisasi dan Database serta Perancangan Data Flowchart.
3.1.1 Perancangan Keluaran (Output)
Output adalah informasi yag dikirim kepada para pengguna memalui sistem informasi lewar internet, extranet, atau world wide web (www). Bebepara data memerlukan pemrosesan yang ekstensif sebelum menjadi keluaran yang layak, data-data lainnya disimpan, ddan ketika diperoleh, dianggap sebagai output dengan sedikit atau tanpa pemrosesan sama sekali Ada 6 (enam) tujuan dari keluaran (output) yaitu :
1. Merancang output untuk tujuan khusus.
2. Membuat output bermanfaat bagi para pengguna.
3. Mengirim jumlah output yang cepat.
4. Menyedikan distribusi output yang tepat.
5. Menyediakan output tepat waktu.
6. Memilih metode output yang paling efektif.
3.1.2 Perancangan Masukan (Input)
Kualitas sistem intup menetukan sistem output. Dengan berusaha membuat sistem input yang dibentuk secara bagus, penganalisis sistem menyatakan bahwa input yang buruk menundang pertayaan tetang kepercayaan terhadap keseluruhan sistem.
Adaun tujuan perancangan masukan (input) adalah :
1. Membuat penyelesaian input yang mudah dan efisien.
2. Menjamin input akan memenuhi tujuan yang diharapkan.
3. Menjamin penyelesaian yang tepat
4. Membuat tampilan layar dan forumlir (kwitansi) yang menarik
5. Membuat input yang tidak rumit.
6. Membuat tampilan layar dan formulir ( kwitansi) yang konsisten.
3.1.3 Perancangan Database
Database dapat diumumkan sebagai sebuah tempat menyimpan data yang terstruktur agar dapat diakses dengan cepat dan mudah. Membangun sebuah database merupakan langkah awalpembuatan aplikasi, termasuk aplikasi Transaksi Penjualan Motor “Deler Motor S.A.E”
Dalam perancangan apliksai Transaksi Penjualan Motor, penulis membuat 6 table dalam database perpustakaan. Table-teble tersebut adalah table karyawan, tabel motor, table pembeli, table detil, table master, tabel Query(transaksi) Pembuatan data base dan tabel-tabel mengunakan fasilitas FoxPro .
3.1.4 Perancangan Flowchart (Diagram Air)
BAB 4
Desain System
4.1 File-file data base yang digunakan
a. File Karyawan.
Nama Field | Type | Width |
K_Karyawan | Charakter | 5 |
N_Karyawan | Charakter | 30 |
Alamat | Charakter | 30 |
No_telp | Charakter | 12 |
File Karyawan.Dbf ini di index berdasarkan K_Karyawan.
b. File Motor.
Nama Field | Type | Width |
K_Motor | Charakter | 5 |
N_Motor | Charakter | 30 |
H_Sat | Numeric | 10 |
Jumlah | Numeric | 4 |
File Motor.Dbf ini di index berdasarkan K_Motor.
C. File Pembeli
Nama Field | Type | Width |
K_Pembeli | Charakter | 6 |
N_Pembeli | Charakter | 15 |
J_Kel | Logical | 1 |
Umur | Numeric | 3 |
Alamat | Charakter | 20 |
File Pembeli.Dbf ini di index berdasarkan K_Pembali.
D. File Mtrans
Nama Field | Type | Width |
no_urut | Charakter | 10 |
Tgl | Date | 8 |
k_pembeli | Charakter | 6 |
k_karyawan | Charakter | 5 |
sub_total | Numeric | 20 |
total_baya | Numeric | 20 |
bayar | Numeric | 20 |
kembali | Numeric | 20 |
File Mtrans ini di index berdasarkan Tgl, No_urut , K_Pembeli , dan K_Karyawan.
E. FileDtans
Nama Field | Type | Width |
No_urut | Charakter | 10 |
K_Motor | Charakter | 5 |
Jumlah | Numeric | 4 |
File Dtrans ini di index berdasarkan No_urut, dan K_motor.
4.2 Rancangan Desain Input
4.2.1 File Karyawan.spr
4.2.2 File Motor.Spr
4.2.3 File Pembeli.spr
4.3 Desain Proses
4.3.1 File Transaks.spr
4.4 Desain Laporan.
4.4.1 File Karyawan.Frx
4.4.2 File Motor.Frx
4.4.3 File Pembeli.Frx