Sabtu, 13 Agustus 2011

contoh laporan kunjungan industri


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. WAY BE FOOD & BAVERAGE dan PT. POCARI SWEAT

Disusun untuk memenuhi salah satu syarat mendapatkan sertifikat kunjungan industri
Dan salah satu syarat Wisuda diSTT Cahaya Surya Kediri





OLEH :
Sholikhul Ahmad (10100062)

                                          
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI

CAHAYA SURYA

KEDIRI

PENGHARGAAN

         Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan KUNJUNGAN INDUSTRI dengan lancar.
         Laporan ini disusun berdasarkan hasil KUNJUNGAN INDUSTRI yang dilaksanakan pada tanggal  23 Juni 2011 di PT. Way Be Fod & Baverage – Batu, Malang dan PT. Pocari Sweat – Kejayan, Pasuruan yang diikuti lebih dari 100 mahasiswa dan 3 dosen pembimbing.
         Dengan membaca makalah ini, diharapkan para pembaca mampu mengetahui konsep teknologi yang diterapkan di perusahaan tersebut dan dapat berguna untuk kemajuan semua pihak yang membacanya. Selain itu agar mahasiswa dapat mengetahui proses produksi, sistem Informasi, Teknologi Informasi dan SDM.
         Pada kesempatan ini, perlu kiranya penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ira Luvi Indah Astuti, S.Kom selaku dosen pembimbing, bapak Kristadji Tjahjosasongko,S.Kom dan bapak Marhaendra Kusuma,S.E selaku dosen pendamping pada waktu pelaksanaan KUNJUNGAN INDUSTRI berlangsung dan semua pihak yang telah mendukung pembuatan makalah sehingga saya dapat menyelesaikan laporan karya ilmiah ini.
         Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan saran atau kritik yang membangun dari berbagai pihak dan akan saya terima dengan senang hati. Semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                                           



                                                                                               

DAFTAR ISI
                                                                                                                         Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………….I
PENGHARGAAN......…………………………………………………………..II
DAFTAR ISI……………………………………………………………………III
   I.PT. WAY BE  FOOD & BAVERAGE
      I.I  PROFIL WAY BE FOOD AND BAVERAGE…………………….IV
      I.2 PERKEMBANGAN……………………………………………..….IV
      I.3 PROSES PEMBUATAN……………………………………...…….IV
      I.4 MARKETING………………………………………………..……...IV
      I.5 PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR………….IV
II. PT. POCARI SWEAT
      II.I PROFIL PT. POCARI SWEAT……………………………………..V
      II.2 TENTANG PT. POCARI SWEAT………………………………….V
      II.3 MAKNA LOGO PERUSAHAAN…………………………………VI
      II.4 PROSES PEMBUATAN………………………………………….VII
      II.5 JAJARAN DIREKSI………………………………………………VII
      II.6 VISI DAN MISI…………………………………………..………VIII
      II.7 MARKETING………………………………………….…………VIII
      II.8 SERTIFIKASI INTERNASIONAL YANG SUDAH DIRAIH.…VIII
      II.9 PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR…………IX
PENUTUP………………………………………………………………….……X











I. PT. WAY BE FOOD & BAVERAGE

I.I PROFIL PT WAY BE
            Berdiri sejak tahun 2010 di Jl. Simp Karate, Batu  - Malang . Usaha rumahan yang memproduksi buah menjadi minuman kemasan yang beraneka macam rasa.

I.2 PERKEMBANGAN
               Mendirikan Usaha rumahan di Jl. Simp Karate, karyawan berjumlah lebih dari 10 orang. Merupakan usaha rumahan yang integrated mulai dari buah diolah menjadi minuman sari buah dalam kemasan. Tidak hanya apel yang dijadikan bahan untuk pembuatan sari buah namun ada berbagai macam buah seperti : strawberry , jeruk, jambu, mangga.

I.3 PROSES PEMBUATAN
                  Buah diolah menjadi cairan yang kemudian difermentasikan lalu di rebus hingga matang dan diisi ke cup satu per satu. Setelah terisi cup di pres kemudian di masukkan karton, sari buah siap di jual ke konsumen.

I.4 MARKETING
               Dengan varian rasa yang beraneka macam PT. Way Be tidak hanya menyuplai di wilayah batu dan Malang saja, namun hingga ke wilayah Kediri, Pasuruan, Surabaya dan sekitarnya.

I.5 PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR
              Membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar pabrik.






II.            PT POCARI SWEAT

II.I PROFIL PT. POCARI SWEAT
                  PT. Amerta Indah Otsuka atau yang lebih dikenal dengan nama PT. Pocari Sweat berjarak sekitar 60 km dari kota Surabaya atau sekitar 50 km dari kota Malang. Tepatnya di Pabrik Kejayan Jl. Malang – Pasuruan km 11 Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. people creating new products for better health worldwide yang merupakan motto kerja bagi seluruh karyawan Otsuka diseluruh dunia.
             Produk unggulan dari PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT ( minuman ringan pengganti ion tubuh ) dan SOYJOY ( sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis ). Dalam kunjungan di PT Amerta Indah Otsuka kami diterima oleh Bpk Deddy Irwantoro W. sebagai Customer Relation Officer. Pak Deddy menjelaskan tentang sejarah, proses produksi dan produk yang dihasilkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka di ruang auditorium. Dalam menjalankan proses produksinya PT Amerta Indah Otsuka lebih banyak menggunakan tenaga mesin daripada SDM. PT. Amerta Indah Otsuka menghasilkan produk pocari sweat dengan kemasan botol plastik 350 ml, dan 500 ml, dan makanan (snack) sojyoy.

II.2 TENTANG PT. POCARI SWEAT
                  Pocari Sweat merupakan minuman ringan di Jepang, di produksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Tahun 1989 pocari sweat kemasan kaleng diluncurkan, tahun 1990 penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik), kemudian bulan februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi – Jawa Barat. Pocari kemasan 15gr diluncurkan pada bulan februari tahun 2001, pada awal 2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Lalu pada bulan Juni 2006 pocari kemasan 500 ml diluncurkan, tidak hanya minuman isotonic saja. PT. Amerta Indah Otsuka juga meluncurkan Soyjoy pada September 2007, kemudian bulan oktober kembali meluncurkan pocari kemasan 350 ml.
           

Pada februari 2008 kantor Sukabumi & line produksi pocari sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan april tahun 2009 pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april 2010 soyjoy rasa strawberry diluncurkan. Pada tanggal 26 mei 2010 lalu PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Kejayan baru diresmikan oleh Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, disaksikan oleh manajemen dan jajaran komisaris PT Amerta Indah Otsuka, dan dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf serta jajaran muspida setempat. Berdiri di luas tanah 112,480 m2 dan luas bangunan 19,326 m2, Pabrik Kejayan ini akan mampu menghasilkan PET 350 ml sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai berproduksi dari April 2010. Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.
Pabrik Kejayan ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi.












II.3 MAKNA LOGO PERUSAHAAN


Logo Perusahaan merupakan sebuah gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf huruf 'O' dari inisial nama perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif 'O' besar di atas berwarna gradasi biru khas Otsuka menandakan "keterbukaan", "kebebasan", "kecerdasan", dan "masa depan".
Motif 'O' kecil berwarna merah khas Otsuka mewakili pusat energi Otsuka Pharmaceutical, yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas.
Disusun secara berimbang dengan 2 motif tersebut, nama Otsuka ditulis menggunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca. Logo ini menyampaikan komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia melalui kesehatan yang baik.
II.4 PROSES PEMBUATAN
1.      RESIN
Bijih plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah pengawasan QC yang ketat.
2.      INJECTION PREFORM
Resin dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
3.      BLOWING PROSES
Preform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu, dicetak menjadi botol.
4.      FILLING PROSES
Pengisian larutan Pocari sweat pada suhu kamar kedalam botol dan di lanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
5.      LABELING PROSES
Pemberian label pocari sweat pada botol.
6.      INSPEKSI
Secara otomatis dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang tinggi.

7.       PENGEMASAN
Produk dikemas kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin.
8.      UJI KUALITAS
Pengecekan akhir untuk memastikan kualitas yang terbaik sebelum didistribusikan.
9.      DISTRIBUSI
Yang telah lulus uji kualitas dapat dikirim ke konsumen.

II.5 JAJARAN DIREKSI
Presiden Komisionaris            : Amir Basir
Presiden Direktur                    : Yoshihiro Bando
Induk Perusahaan                   : Otsuka Pharmaceutical, Co., Ltd., Japan
Grup                                        : PT. Otsuka Indonesia, PT. Merapi Utama Pharma,
PT. Otsuka Jaya Indah, PT. Widatra Bhakti, PT. Lautan   Otsuka Chemical

II.6  VISI DAN MISI
  1. VISI :
Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberi kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.
  1. MISI :
·         Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.
·         Menjadikan kebutuhan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama.
·         Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
·         Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
·         Menjadi perusahaan terpercaya.


II.7 MARKETING
Pocari Sweat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1989. Diluar Jepang juga dijual di daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah. Meliputi : Korea, China, Taiwan, Hongkong, Singapore, Thailand, Bahrain, Qatar, Oman, Saudi Arabia, United Arab Emirates.

II.8 SERTIFIKASI INTERNASIONAL YANG SUDAH DIRAIH
            PT. Amerta Indah Otsuka berkomitmen untuk memberikan yang terbaik pada konsumen dan masyarakat sesuai dengan misinya untuk menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan dengan kegiatan operasional yang menjunjung tinggi kualitas dan standarisasi baik lokal maupun internasional yang telah diakui dunia. Komitmen dan kerja keras PT. Amerta Indah Otsuka telah diakui berbagai pihak melalui berbagai sertifikat sebagai berikut :









II.9 PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR
  1. Masjid : Fasilitas ibadah yang bisa di pergunakan untuk umum.
  2. Training Center : Fasilitas pelatihan bagi warga sekitar.
3.      Pendidikan Gratis : Karyawan PT. Amerta Indah Otsuka sukarela memberi sekolah gratis dengan mata pelajaran bagi anak-anak kurang mampu disekitar pabrik setiap hari rabu dan jumat.
  1. Lapangan Bola : Fasilitas lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga bersama karyawan dan  warga sekitar.
  2. Klinik gratis untuk yang membutuhkannya.

PENUTUP

                  Mudah-mudahan tugas ini dapat bermanfaat bagi semua dan dapat diterima oleh pembaca. Sebagai manusia biasa tentu saja penulis menyadari masih banyak kekurangan atau kasalahan dalam menyusun tugas ini. Penulis berharap kritik dan saran yang bisa membantu untuk menyelesaikan tugas berikutnya, semoga dapat diterima apa adanya. Sebab ini sebatas kemampuan penulis dalam menyusun laporan sesuai dengan materi yang penulis terima.
                  Penulis sangat berterima kasih kepada  Ibu Ira Luvi, S.Kom selaku dosen pembimbing dan bapak Kristadji Tjahjosasongko,S.Kom dan bapak Marhaendra Kusuma,S.E selaku dosen pendamping kunjungan industri yang telah membantu penulis dan memotivasi penulis sehingga dapat terselesaikan dengan baik. Tak lupa buat para panitia kunjungan industri penulis ucapkan terima kasih. Demikian semoga dapat menjadikan pengalaman yang paling berharga. Terimakasih banyak atas diterimanya tugas ini sebagai bukti niat dan ketulusan hati dalam menjalani tugas yang diberikan.













                                                                                 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar